Bupati Purbalingga Ajak Warga Purbalingga Agar Peringatan Hardiknas Tahun 2018 Dijadikan Sebagai Momentum Untuk Mempererat Hubungan Pendidikan dengan Budaya

963rgsfm, Purbalingga – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Purbalingga menggelar Upacara Hardiknas Tahun 2018 di Alun alun Purbalingga, Rabu 2 Mei 2018. Hardiknas tahun 2018 ini mengangkat tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM selaku Pembina Upacara mengajak kepada warga Masyarakat Purbalingga agar Peringatan Hardiknas Tahun 2018 ini dijadikan sebagai bahan untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan, sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktek pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Bupati menerangkan sesuai dengan system pendidikan nasional yang tertuang dalam Undang-Undang Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 2, bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan pancasila dan undang undang dasar 1945 , sedangkan kebudayaan merupakan akar pendidikan nasional.

Bupati berkomitmen untuk terus berikhitar dalam membangun pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Bupati juga berkeyakinan bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan di Indonesia lebih kuat lagi. Bupati juga mengajak supaya terus berusaha sekeras mungkin dalam memperluas akses pendidikan yang berkualitas.

Dalam upacara peringatan Hardiknas tersebut juga terdapat pemberian penghargaan kepada 20 orang pelaku pendidikan yang ada di Kabupaten Purbalingga. Penghargaan tersebut diberikan sebagai wujud apresiasi atas dedikasi mereka di dunia pendidikan Purbalingga. Penerima penghargaan tersebut paling banyak dari unsur guru yang terdiri dari berbagai macam bidang studi.

Tak hanya guru, penghargaan tersebut juga menyasar kepada pengelola perpustakaan yang telah mampu menghadirkan minat serta daya baca yang baik bagi anak didik di Purbalingga. Kategori penghargaan tersebut antara lain adalah guru berprestasi, kepala sekolah berprestasi, kepala PAUD berprestasi, guru mapel IPA berprestasi, guru mapel IPS terbaik dan pengelola perpustakaan berprestasi. (zak/Fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.