Mau Bikin Bakso yang Empuk? Yuk Simak Artikel Berikut

Buat kawan setia yang pengin bikin bakso sederhana di rumah dengan hemat biaya dan tentunya higienis. Simak terus ya apa saja resep dan cara membuatnya.

Untuk 5 porsi bakso Yammy

Bahan:

1000gr daging sapi segar

4sdt garam

1sdt merica bubuk

1/2sdt baking powder

30gr tepung tapioka

250gr es batu

3liter air untuk merebus

Cara membuat:

  1. Masukkan daging, garam, merica bubuk, baking powder dan es batu ke dalam food processor, proses hingga daging halus.
  2. Kemudian keluarkan dari food processor. Masukkan ke dalam wadah. Tambahkan tepung tapioka, uleni sampai tercampur rata.
  3. Didihkan air lalu kecilkan apinya. Ambil adonan daging dengan tangan, lalu sendoki bulat-bulat, masukkan ke dalam panic berisi air mendidih. Lakukan sampai selesai. Baru kemudian besarkan apinya sampai sedang aja. Masak hingga matang, ditandai dengan bakso yang mengapung.
  4. Angkat dan tiriskan.

NB:

  1. Kuah bekas merebus bakso bisa dipakai lagi, tinggal menambahkan sedikit bumbu masak/penyedap rasa, sedikit garam dan merica. Sajikan bersama bakso, beri taburan daun bawang, saus tomat/sambal.
  2. Sisa bakso yang belum sempat dimakan, bisa disimpan dalam freezer. Bisa dipakai untuk bahan masakan lainnya seperti capcay, sop, atau nasi goreng.
  3. Bila tidak memiliki food processor, bisa menggiling dagingnya di penggilingan daging. Dengan ongkos murah didapatkan dengan daging yyang lembut. Begitu sesampainya di rumah, baru diolah bulat-bulat menjadi bakso.

Selamat mencobanya buat kawan setia. Terima kasih, semoga bermanfaat.

(sumber: ig @dapoersikoko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.