Knalpot Purbalingga Tak Lama Lagi Berstandar Nasional Indonesia (SNI)

PURBALINGGA INFO, Knalpot Purbalingga tidak lama lagi akan berstandar nasional Indonesia (SNI). SNI menjadi salah satu harapan para pengrajin knalpot di Purbalingga. Sebagaimana diketahui industri knalpot Purbalingga merupakan knalpot after market (handmade).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) mengatakan SNI knalpot after matket sangat penting artinya dalam rangka meningkatkan daya saing produk unggulan Purbalingga. Sekaligus meningkatkan citra produk dari selama ini yang dianggap sebagai produk non standar sehingga terkesan ilegal.

” Dari audensi dengan Kepala Kantor Layanan Teknis BSN di Bandung Jawa Barat, menunjukkan titik terang untuk bisa distandarisasi secara nasional,” kata Johan saat kegiatan audensi yang dilakukan bersama Perwakilan Kememperin,  Perwakilan Polres serta Perwakilan IKM Knalpot, Kamis, (24/2/2022).

Johan mengatakan untuk mengangkat daya saing IKM Knalpot salah satunya melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Universitas Diponegoro Semarang dan PT.Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Hal itu dilakukan agar program SNI Knalpot aftermarket ini bisa menjadi salah satu project yang dikerjasamakan.

Kepala Kantor Layanan Teknis BSN Bandung, Hardiles mengatakan sangat memungkinkan bila Purbalingga akan mengusulkan SNI khusus produk knalpotnya. BSN akan segera lakukan pembahasan internal untuk menyusun kajian spesifikasi komponen knalpot yang akan di SNI kan.

” Kajian akan dilakukan dengan melibatkan akademisi serta stakeholders lain yang terkait. Perwakilan dari Direktorat  LMEA Kemenperin mengungkapkan siap untuk memberikan fasilitasi dan pendampingan agar proses sertifikasi ini berjalan dengan baik sehingga SNI nantinya benar-benar bisa dipakai dan diterapkan secara nasional,” katanya. (-dy) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.