Akibat Covid-19, Dana Perbaikan Jalan Menurun Tajam

PURBALINGGA INFO, Akibat adanya pendemi Covid-19, mengakibatkan anggaran perbaikan infrastruktur jalan menurun tajam. Anggaran sekitar Rp 190 miliar sebelum pandemi menjadi hanya Rp 70 miliar setelah pandemi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala DPUPR Purbalingga, Cahyo Rudianto saat forum OPD tahun 2023 di gedung Graha Adhi Guna, kompleks Setda Purbalingga, Selasa (1/3/2020). Kegiatan juga diikuti oleh oleh beberapa dinas lingkup infrastruktur, seperti Dinhub, Dinrumkin, DLH, dan Dinkominfo Purbalingga serta BPBD Purbalingga.

Cahyo mengatakan jika masyarakat sekarang menyampaikan keluh kesah terkait jalan rusak di media sosial karena semata-mata anggaran yang ada belum mencukupi. Masyarakat menginginkan jalan mulus tanpa tanpa lobang, namun sesuai ketentuan beberapa kriteria jalan mantap yakni jalan baik dan jalan sedang.

” Jika dilihat data yang ada jalan di wilayah Purbalingga masih dalam kondisi jalan sedang, yakni dengan kriteria 200 meter terdapat kurang lebih 10 lobang. Kriteria ini berdasarkan ketentuan dari kementerian PUPR” ujarnya.

Cahyo menambahkan pada program unggulan di tahun 2023 mengusulkan pembangunan kembali Purbalingga Islamic Center (PIC) dengan anggaran sekitar 15 miliar yang dikerjakan secara 3 tahap. Kemudian menyelesaikan pembangunan gedung DPRD, sehingga tahun 2023 sudah selesai secara keseluruhan.

” Kemudian pembangunan gedung DLH, sedangkan untuk infrastruktur hanya dianggarkan untuk perbaikan jalan atau perbaikan berkala. Lokasinya jalan utama antar kecamatan dan kabupaten dan jalur wisata,” tambahnya.

Sedangkan asisten ekonomi pembangunan, Agus Winarno, mengatakan rencana bidang ekonomi-pembangunan tahun 2023 lebih memfokuskan pada pembangunan infrastruktur dan pembangunan wilayah. Hal tersebut sesuai dengan visi-misi pemkab yakni misi 7 meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana dengan memperhatikan lingkungan.

” 15 Tahun yang lalu pernah ada ungkapan jika berkendaraan anda tertidur saat memasuki wilayah Purbalingga, sekarang sebaliknya saat masuk di Purbalingga akan terbangun. Dan ini akan menjadi PR  bagi Pemkab untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama bidang infrastruktur dan pembangunan wilayah,” pungkasnya. (-dy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.