Pasar Grumung RW 07 Kalimanah Wetan dilirik lembaga keuangan

PURBALINGGA-INFO, Pasar grumung Kalimanah Wetan yang pernah diberitakan  pada minggu lalu, menarik perhatian  lembaga perbankan yakni   BRI Unit Kalimanah, hal ini di tandai dengan kunjungan tim lembaga tersebut  ke lokasi pasar pada minggu (13/3/2022)

Kepala unit BRI Kalimanah, Pandu yang hadir beserta timnya  mengatakan, kami  melakukan kunjungan ke sini  dalam rangka ikut mensuport sekaligus  pemantaun terkait konsistensi warga yang bejualan. ” Bila nanti dalam waktu  1 bulan, satu setengah  bulan  ke depan pasar ini semakin berkembang, pihaknya akan menawarkan kerjasa sama dalam bentuk penyaluran kredit mikro, dengan program pembiayaan UMi (Ultra Mikro) segmen nasabah pelaku usaha  mikro atau kecil,” katanya.

Para pedangang lanjut Pandu dapat mengajukan kredit  modal usaha secara individual, BRI akan memfasilitasi melalui agen-agen yang berasal dari masyarakat setempat yang sudah melalui  kualifikasi Bank BRI Unitnya. Agen dari masyarakat setempat yang memang sudah mengenal karakteristik. orang-orang dilingkunganya, sehingga tau besaran biaya modal yang pantas untuk diberikan.

“Nilai kredit yang bisa diakses melalui program UMi (Ultra Mikro) perdagangan bervariatif   mulai dari 500 ribu 1 juta sd 5 juta,jangka pengembalian sampai dengan 6 bulan,dan ada kredit musiman sampai dengan 10 juta,untuk pertanian dengan dibayar habis  panen,” imbuhnya lag

Lebih lanjut dikatakan Pandu, dirinya bersama tim, untuk ke depan  akan mensosialisasikan  penggunaan alat bantu  pembayaran yakni dengan kode QRIS ( Quick Respon Code Indonesia Standar) untuk transaksi keuangan pada  kluster pedagang  yang baru ini.

“Perbankan itu  kan sudah  semakin maju teknologinya, untuk transaksinya pedagang akan dibantu dengan kode QRIS, QRIS sebagai produk baru dari Bank Indonesia, dan QRIS bukan aplikasi, namun perangkat  pembayaranya dengan Bar Code, seperti yang sudah dilaunching pihak perwakilan BI wilayah Banyumas beberapa bulan lalu di pasar Segamas yang di  hadiri oleh Bupati Purbalingga, “kata Pandu

Sebagai literasi keuangan  dan platform QRIS pembayaran non tunai bisa dibayar dimana saja, seperti Ovo, Go-pay, Dana, Link aja dan aplikasi Brimo dan lain sebagainya. Syaratnya punya rekening bank, KTP dan nomor handphone yang aktif, apalagi dimasa pandemi yang memang untuk mengurangi kontak langsung pembayaran tunai.   

Ditempat yang sama, Fahmi selaku  panitia kegiatan menyampaikan, antusias warga masih cukup tinggi, walaupun  masih ada pedagang yang ragu-ragu mau dagang apa tidak, namun demikian dari pemantauanya, beberapa pedagang sudah mulai menyajikan dagangan dengan menu yang bervariatif.  (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *