Perangkat Desa Baru Ikut Bimtek Peningkatan Kapasitas

PURBALINGGA – Perangkat desa yang baru dilantik se-Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga mengikuti bimbingan teknis pelayanan yang digelar oleh Kecamatan Bojongsari di Braling Grand Hotel Purbalingga, Senin-Selasa, 12-13 Desember 2022.

Camat Bojongsari, Sugeng Riyadi mengatakan, dengan kegiatan tersebut diharapkan mewujudkan masyarakat desa yang profesional. Hal ini selaras dengan inovasi pelayanan di Kecamatan Bojongsari yakni Gerakan Serentak Pelayanan Optimal (Bojongsari Gaspol) dan Aksesibilitas Disabilitas Terhadap Pelayanan Administrasi Tingkat Kecamatan (Adipati).

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Purbalingga, Juli Atmadi memaparkan tentang tugas, hak, kewajiban perangkat desa. Dia nya menyampaikan saksi-saksi bagi perangkat desa yang melakukan pelanggaran mulai dari saksi teguran hingga pemberhentian, berdasarkan bobot pelanggarannya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purbalingga, Pandi menjabarkan tentang pengelolaan anggaran desa dan manajemen BUMDes/BUMDesa.

Auditor Muda pada Inspektorat Kabupaten Purbalingga, Alun Pramudiono menekankan agar perangkat desa membuat laporan pertanggungjawaban keuangan yang harus sesuai aturan alias jangan dimanipulasi.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Purbalingga, Muhammad Najib menjelaskan pentingnya tata kelola naskah dan pengarsipan dalam pemerintahan desa.

Penyuluh Narkoba Ahli Muda Sub Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Purbalingga, Tarsito mengajak perangkat desa untuk ikut terlibat dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di tingkat desa.

Kasi Bina Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purbalingga, Basuki meminta agar pemdes mengoptimalkan peran anggota Linmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Bojongsari, Saryo mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 45 perangkat desa baru di 13 desa di Kecamatan Bojongsari. Selain keenam pemateri, peserta juga mendapat pengarahan dari Camat, Kasi Pemerintahan, Kasi PMD dan Kasi Kesra Kecamatan Bojongsari. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.