Lumbung Pangan Masyarakat Diresmikan, Ketahanan Pangan Pekiringan Diharapkan Terjaga

Lumbung Pangan Masyarakat Diresmikan, Ketahanan Pangan Pekiringan Diharapkan Terjaga

PURBALINGGA INFO- Lumbung pangan bantuan pemerintah pusat kepada lima desa di Kabupaten Purbalingga diharapkan bisa terus menjaga ketahanan pangan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga, Drs. Mohammad Najib, M. Si saat menyampaikan laporan pada acara peresmian Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol, Rabu (8/2/2023).

Najib mengatakan, LPM termasuk yang ada di Pekiringan dalam hal ini adalah Gapoktan Rukun Sari menerima bantuan dari pemerintah pusat senilai Rp 1 M untuk pembangunan lumbung, penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang seperti rice mill, pengering gabah dan lain sebagainya. Adapun kelima Desa yang mendapatkan bantuan pembangunan LPM dari Kementerian Pertanian tahun anggaran 2022 masing-masing Rp 1 M adalah Desa Pekiringan dan Desa Grantung di Kecamatan Karangmoncol, Desa Blater dan Desa Kalimanah Kulon di Kecamatan Kalimanah serta Desa Jatisaba di Kecamatan Purbalingga.

“Semoga ini bisa menjadi penjaga ketahanan pangan khususnya di Desa Pekiringan Kecamatan Karangmoncol,” katanya.

Najib menegaskan, walaupun bantuan kepada lima Desa tersebut berasal pemerintah pusat, akan tetapi ajuan dari bawah tetap melalui prosedural termasuk persetujuan Bupati Purbalingga. Menurut Najib, hal tersebut merupakan dukungan nyata dari Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, SE., B.Econ., MM untuk mensejahterakan masyarakat khususnya para petani.

“Ini adalah wujud dukungan dari Ibu Bupati agar masyarakat khususnya para petani lebih sejahtera lagi,” ujarnya.

Senada, Kepala Desa Grantung, Karyono, SE yang juga menerima bantuan serupa atas nama Gapoktan Angkabe Desa Grantung, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Purbalingga yang akrab disapa Tiwi. Kepada Bupati, Karyono menyebutkan beberapa dukungan dan bantuan yang diterima Desa Grantung di antaranya sigapnya respon Pemkab Purbalingga dalam menyikapi beberapa bencana yang melanda.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Ibu Bupati yang banyak memberikan perhatian kepada kami di Desa Grantung,” ujar Karyono.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, SE., B.Econ., MM yang hadir meresmikan LPM di kedua Desa di Kecamatan Karangmoncol tersebut juga menyebutkan akan memberikan bantuan berupa penerangan jalan yang ada di wilayah tersebut. Jalan tersebut juga menghubungkan dua Kecamatan yaitu Karangmoncol dan Rembang.

“Saya lihat sepertinya belum ada lampu penerangan jalan. Maka dari itu kami akan bantu penyediaannya agar jalan ini di malam hari tidak lagi gelap,” pungkasnya. (LL/Kominfo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.