Dana 1,2 Milyar Disiapkan Untuk Ketercukupan Air Minum Masyarakat Purbalingga


PURBALINGGA, INFO – Guna memenuhi ketercukupan air minum bagi masyarakat desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga telah menyediakan dana sebesar 1,256 milyar rupiah. Hal tersebut disampaikan oleh Pejabat Fungsional Dinas Perumahan dan Permukiman (Dinrumkim) Purbalingga, Wahyuningsih saat dihubungi melalui pesan singkat WA, Senin (13/1).
Anggaran tersebut menurut Ning (sapaan akrab Wahyuningsih) diperuntukan dalam program Hibah Air Minum Pedesaan (HAMP) tahun 2023. Sebagai komitmen Pemkab Purbalingga menyediakan terlebih dahulu dana talangan tersebut dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.
“Iya untuk 2023 ada 12 desa tapi dana sudah disiapkan APBD Rp. 1,256,000,000,- untuk 628 SR (Sambungan Rumah-red),” ujarnya.
Ning menambahkan, jika kegiatan sudah dilaksanakan pihaknya akan langsung mengajukan pencairan dana ke pusat yang diperkirakan akan terealisasi pada bulan November atau Desember 2023. Ning melanjutkan, saat ini pihaknya tengah melakukan pra baseline by name by address atau survey guna mengetahui nama dan posisi calon penerima manfaat.
“Hari ini saya akan pra baseline by name by address kegiatan HAMP 2023 ke 3 desa, Karangnangka, Campakoah, dan Lambur Kecamatan Mrebet,” pungkasnya. (fph/kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.