TPA Kalipancur Bedagas Telah Resmi Dibuka

963rgsfm, Purbalingga – Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH. MM. bersama Wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ., Ketua DPRD H. Tongat, SH. MM dan segenap Forkopimda Purbalingga secara resmi telah membuka Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kalipancur Desa Bedagas Kecamatan Pengadegan. Pembukaan TPA ditandai dengan tasyakuran pemotongan tumpeng oleh Bupati Tasdi yang diserahkan Wabup Tiwi kepada kepala desa Bedagas Wasito Wastu Yono, SH.

Menurut Laporan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga Ir Sigit Subroto MT, saat ini di TPA Kalipancur telah tersedia 7 mesin pemilah sampah dengan rincian : 4 unit bantuan dari BUMD, 2 unit bersumber dari APBD dan 1 unit pinjaman dari pasar Segamas Purbalingga dan kapasitas per alat siap memilah sampah dua dump truk dalam sehari.

Sigit menambahkan berapapun hasil dari pemilihan sampah, khususnya dari penjualan plastic, nantinya akan diserahkan sepenuhnya kepada pengelola sampah yang telah dibentuk oleh kepala desa dan tokoh masyarakat desa bedagas. Pihaknya juga menerangkan terkait pembuatan pupuk organic nantinya akan dibantu oleh pegiat lingkungan kabupaten Purbalingga.

Sementara itu dalam sambutannya bupati Purbalingga H Tasdi SH MM mengucapkan rasa terimakasih khususnya kepada DLH Kabupaten Purbalingga atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlasnya terkait permasalahan sampah yang terjadi di Purbalingga belakangan ini. Bupati juga menjelaskan konsep TPA bedagas berbeda dengan TPA Banjaran, TPA Bedagas nantinya bisa dijadikan tempat wisata seperti di kabupaten Pati.

Bupati menambahkan TPA Bedagas bukan hanya untuk pembuangan akhir sampah saja melainkan juga digunakan untuk tempat pemrosesan sampah. Sehingga nantinya sampah tidak hanya ditumpuk saja tetapi sampah tersebut dapat diproses dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat di kemudian hari.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan bantuan khusus 1 milyar untuk desa Bedagas untuk meningkatkan pembangunan desa khususnya peningkatan insfrastuktur, penyediaan air bersih serta sarana prasarana desa serta penyerahan bantuan RTLH kepada Ny. Tarsiah dan bantuan sosial lainya berupa alat kesehatan kepada warga Bedagas (zak/Fer)

One thought on “TPA Kalipancur Bedagas Telah Resmi Dibuka

  • Mei 27, 2018 pada 12:52 am
    Permalink

    Mau tany.mobil swasta boleh ikut buang sampah g y?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.