Kabupaten Purbalingga Bukan Daerah Endemik HIV/AIDS

963rgsfm, Purbalingga – Kasus Temuan HIV/AIDS di Kabupaten Purbalingga tergolong tinggi, namun Kabupaten Purbalingga bukan menjadi daerah endemic HIV/AIDS Hal Tersebut diungkapkan oleh Sekretaris KPAD Kabupaten Purbalingga Heny Ruslanto kepada LPPL Radio Gema Soedirman.

Hingga saat ini Jumlah Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Purbalingga yang tercatat mencapai 273 Orang. Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Purbalingga, pada bulan Januari dan Februari 2018 tercatat 14 kasus temuan HIV/AIDS.

Heny mengatakan Kabupaten Purbalingga merupakan daerah lintasan dari kabupaten tetangga. Bahkan Menurutnya kasus kasus di kabupaten lain bisa mencapai 3 kali lipat dibanding yang ada di Purbalingga.

Heny menerangkan pihaknya tidak perlu menunggu untuk mencegah penyebaran temuan kasus HIV/AIDS di Purbalingga. Heny melanjutkan, sekitar 90% penderita HIV/AIDS merupakan dari kalangan ekonomi menengah kebawah.

Heny menambahkan penularan virus HIV/AIDS bisa melalui 3 cara yaitu lewat aliran darah, cairan kelamin dan lewat ASI. Heny menjelaskan pada bulan januari hingga februari 2018 terdapat 4 kasus kematian akibat HIV/AIDS.

Heny menghimbau kepada warga yang telah positif mengidap HIV/AIDS untuk segera berobat ke rumah sakit dan rutin minum obat tersebut, sedangkan bagi warga yang belum mengidap HIV/AIDS untuk segera melakukan screening HIV/AIDS di Rumah Sakit, sehingga dapat menjaga diri agar tidak terjangkit virus HIV/AIDS, Heny juga berpesan jauhi virus HIV/AIDS bukan Orang yang terjangkit virus tersebut. (zak/Fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.