Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga Ikuti Penilaian Kwartir Cabang Tergiat Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah

PURBALINGGA INFO – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga ikuti penilaian Kwartir Cabang Tergiat Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah. Penilaian ini merupakan pembinaan peningkatan semangat, kemampuan, serta prestasi kerja Kwartir Cabang sebagai upaya peningkatan mutu peserta didik di wilayah Jawa Tengah, khususnya di bidang Pramuka.

Hal tersebut disampaikan oleh Drs. Agus Widiyanto selaku sekretaris Bidang Organisasi dan Hukum Kwarda Jawa Tengah saat acara penilaian Kwartir Cabang Tergiat di sanggar Pramuka Purbalingga. Minggu (22/5).

“Kwarda Jateng selalu berusaha menyempurnakan pelaksanaan lomba Kwarcab Tergiat dengan memperbaiki sistem penilaian, materi, serta tata cara penilaian agar lebih objektif, transparan, dan mencakup keseluruhan aspek penyelenggaraan kepramukaan di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Dalam acara ini dipaparkan pula bahwa alur penilaian meliputi tahap awal yaitu Kwarcab merefleksikan kegiatan yang telah dilaksanakan selama periode tahun 2020-2021 kemudian menyatakan secara tertulis ke dalam instrumen penilaian yang berbentuk portofolio sederhana, sebelum pada akhirnya dilakukan penilaian.

“Sejauh ini, sudah terkumpul sejumlah 32 portfolio dari 3 bidang. Saya rasa bidang yang lain sudah menyiapkan bahan-bahan portofolio yang nantinya akan kami nilai,” ujar Agus Widiyanto.

Dalam rangka penilaian Kwartir Cabang Tergiat Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah kali ini,  ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten  Purbalingga, Tri Gunawan Setiadi pun turut menyampaikan antusiasnya.

“Kwarcab Kabupaten Purbalingga sambut dengan baik dan penuh semangat lomba penilaian Kwartir Cabang Tergiat Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2020-2021,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa volume kegiatan gerakan pramuka di Kabupaten Purbalingga pada 2 tahun belakangan ini mengalami sedikit penurunan lanjut Tri Gunawan, dikarenakan dampak pandemi COVID-19 yang menerapkan pembatasan ketat. Kendati demikian, di tahun 2020-2021 ini kegiatan sosial dan kemasyarakatan Kwarcab Purbalingga mengalami peningkatan yang cukup signifikan, bahkan Kwarcab Kabupaten Purbalingga bidang hubungan masyarakat dan protokol di tahun 2020 lalu bisa meraih predikat bidang terbaik Kwartir Jawa Tengah. (GIN/Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.