Lomba Tingkat III Kwarcab Ajang Pembuktian Kematangan Pembinaan

PURBALINGGA, INFO-Kepada para kontingen penggalang Kwarran yang berkumpul di Pusat Pelatihan Pramuka, Munjulluhur Kutasari untuk bertanding mengeluarkan segala kemampuannya. Hal tersebut disampaikan Ka-Kwarcab Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi saat menyampaikan sambutan dan membuka Lomba Tingkat III Kwarcab Purbalingga, Kamis (6/9/2022).

Tri Gun, begitu dia disapa mengatakan, Lomba Tingkat III Kwarcab harus menjadi ajang pembuktian bahwa pembinaan yang dilakukan berbagai pihak berjalan secara baik. Menurutnya, Kamabigus, bina damping dan seluruh pihak yang terlibat dalam pembinaan akan diuji kematangannya dalam ajang tersebut sehingga anak didiknya akan serius dalam berprestasi.

“Tunjukkan kemampuan terbaik kalian. Ini juga sekaligus sebagai pembuktian kematangan pembinaan yang dilakukan berbagai pihak,” katanya.

Kesenian dan ketangkasan lain yang dilombakan dalam perhelatan yang diikuti lebih dari 300 peserta tersebut kemudian akan menyaring perwakilan yang akan diikut sertakan pada Lomba Tingkat IV Kwarda Jateng pada akhir November hingga awal Desember mendatang. Hal itu juga menjadi pembuktian bahwa ekstrakurikuler Pramuka yang wajib di sekolah dan madrasah efektif membentuk karakter generasi muda.

“Akademik yang bagus juga harus diimbangi dengan pendidikan karakter kepada generasi muda salah satunya melalui gerakan Pramuka,” ujarnya.

Ketua Panitia, Kusno dalam laporannya menjelaskan bahwa Lomba Tingkat III Kwarcab Purbalingga adalah tindak lanjut dari Lomba Tingkat II di masing-masing Kwarran. Dia juga menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan, kecerdasan, kreativitas, keberanian dan nilai positif lain dari para peserta.

“Kegiatan dilaksanakan pada hari ini Kamis hingga Minggu mendatang guna menumbuhkan penghayatan keteladanan bagi para peserta,” pungkasnya. (LL/Kominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *