496 Penegak dan Pandega Ikuti Raimuna Cabang VI, Ka Mabicab : Gali Pengalaman Sebanyak-banyaknya

PURBALINGGA – Sebanyak 496 peserta mengikuti agenda 5 tahunan Raimuna Cabang (Raicab) VI Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga di Puskepram Munjulluhur, Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari, Kamis (21/12). Peserta merupakan  pramuka Penegak dan Pandega yang yang akan mengikuti perkemahan selama 5 hari.

Pada upacara pembukaan Raicab VI ini, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Kak Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM berpesan agar para peserta Raicab VI untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. 

“Manfaatkan waktu selama 5 hari dengan baik. Untuk bisa menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Menggali pengalaman sebanyak-banyaknya. Menggali inovasi dan kreativitas sebanyak-banyaknya,” kata Kak Tiwi yang juga Bupati Purbalingga.

Terlebih tema Raicab kali ini Berkarakter, Bersinergi dan Berinovasi, jadi pemuda harus bisa berinovasi. Kak Tiwi yakin pemuda ini pemikirannya idealis, kadang juga out of the box, apa yang tidak terpikirkan oleh orang dewasa bisa terpikirkan oleh para anak muda ini. 

“Semoga setelah mengikuti Raimuna Cabang ini ada peningkatan kompetensi, kapasitas termasuk bagaimana untuk menggali kreatifitas inovasi yang semata-mata ditujukan untuk kemajuan Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Kak Tiwi memotivasi, usia muda tidak menghalangi kotribusi terhadap kemajuan daerah, bangsa dan negara. Banyak anak muda yang berkarir di pemerintahan, misalnya Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim yang baru berusia 38 tahun, Bahkan Kak Tiwi sendiri yang pertama menjabat sebagai Wakil Bupati Purbalingga pada usia 28 tahun dan Menjadi Bupati Purbalingga pada usia 32 tahun. 

“Oleh karena itu persiapan masa muda dengan baik, karena masa muda jadi cerminan masa depan kalian,” katanya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga, Kak Tri Gunawan Setyadi SH MH mengungkapkan Raicab ini akan dilaksanakan mulai tanggal 21 sampai 25 Desember 2022 yang berpusat di Puskepram Munjulluhur. 

“Selama kegiatan, kami menyiapkan beberapa kegiatan, diantaranya giat umum, giat rutin, giat wawasan, giat prestasi, giat keterampilan, giat subcamp, giat bhakti, giat wisata, giat persaudaraan dan kegiatan menarik lainnya,” katanya.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antar bidang di Kwarcab dan instansi terkait untuk menjadi narasumber pada beberapa kegiatan yang ada.  Raicab ini diikuti sebanyak 496 peserta di dalamnya terdiri dari 29 sanggar putra, 33 sanggar putri yang merupakan utusan 29 Gugus Depan dan 5 DKR se-Kabupaten Purbalingga.(Gn/HumproSetda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.