ASN Dituntut Terus Tingkatkan Kompetensi

PURBALINGGA, INFO- Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi agar maksimal dalam melayani masyarakat. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Purbalingga Herni Sulasti, SH., MH. C.Fra saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Fungsional, Administrator dan Pengawas, Rabu (1/2/2023) di Pendapa Dipokusumo Purbalingga.

Herni mengatakan, ASN harus berparadigma melayani masyarakat dan jangan sampai memiliki pola pikir ASN adalah priyayi yang justru dilayani oleh masyarakat. Menurutnya, paradigma tersebut adalah paradigma usang yang harus ditinggalkan oleh para abdi negara sehingga masyarakat akan lebih sejahtera.

“Pola pikir bahwa PNS atau ASN adalah priyayi harus ditinggalkan. Panjenengan mendaftar sebagai PNS berarti siap melayani masyarakat,” katanya.

Guna mencapai hasil optimal dalam melayani masyarakat, masih menurut Sekda, para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga harus lebih meningkatkan kompetensinya. ASN di Purbalingga jangan hanya bekerja sebagai rutinitas, akan tetapi juga memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Motto Berakhlak sebagai upaya untuk mengakselerasi dalam melayani masyarakat juga perlu dilakukan,” ujarnya.

Ke-286 ASN terlain tersebut juga dituntut memahami tugas dan fungsi mereka sesuai dengan bidangnya.  Sebagai informasi, pengambilan sumpah janji tersebut adalah tahap akhir dari penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional. “Tadi ada satu yang berhalangan hadir. Harus dicarikan waktu untuk segera dilantik karena itu adalah amanat dan kewajiban,” pungkas Sekda. (LL/Kominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *