CPNS Dituntut Berikan Layanan Yang Lebih Mudah


PURBALINGGA, INFO- Sebanyak 221 orang Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) di lingkungan Pemkab Purbalingga formasi 2021 dituntut memberikan pelayanan yang lebih mudah kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kepala BPSDMD (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah) Provinsi Jawa Tengah, Mohammad Arief Irwanto saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I,II dan III pola kerjasama Pemkab Purbalingga dengan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Kamis (9/2/2023) di Pendapa Dipokusumo Purbalingga.
Arief mengatakan, program pelatihan dasar CPNS tidak hanya sebuah kegiatan prosedural yang harus dilalui para CPNS agar menjadi PNS. Akan tetapi, kegiatan pelatihan dasar CPNS harus digunakan sebagai sebuah rencana para CPNS untuk membuat program di tempatnya bekerja agar dapat memberikan pelayanan yang lebih mudah.
“Jangan hanya lulus-lulusan tapi juga harus bisa membuat program atau rencana yang dapat mempermudah layanan kepada masyarakat,” katanya.
Kepada CPNS yang hadir, Arief menandaskan agar mereka bangga dan bersyukur karena mereka adalah orang pilihan yang bisa bersaing dan mengalahkan para peserta seleksi yang lain. “Anda ini sudah secara spesifik menduduki jabatan fungsional tidak bisa pindah. Kalau pindah malah kasihan panjenengan semua karena susah untuk naik pangkat,” ujarnya.
Kepala BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Purbalingga Bambang Widjonarko, dalam laporannya menyebutkan ketiga angkatan tersebut akan menjalani pelatihan dasar selama 74 hari yang dibagi sebagai berikut:
Angkatan pertama akan menjalani distance learning dari tanggal 15 februari hingga 16 maret 2023, habituasi dari tanggal 20 maret hingga 2 mei 2023 dan klasikal dari 8 mei hingga 13 mei 2023. Angkatan kedua akan menjalani distance learning dari tanggal 15 mei hingga 15 juni 2023, habituasi dari tanggal  16 Juni hingga 29 juli 2023 dan klasikal dari tanggal 31 juli hingga 5 agustus 2023. Sedangkan Angkatan ketiga akan menjalani distance learning dari tanggal 7 agustus hingga 6 september 2023, habituasi 7 september hingga 20 oktober 2023 dan klasikal dari tanggal 23 oktober hingga 28 oktober 2023.
“Ini bertujuan untuk menumbuhkan integritas, kejujuran tanggung jawab serta kuat dalam melayani masyarakat,” kata Bambang.
Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekda Purbalingga, Herni Sulasti, SH, MH, C.Fra yang mewakili Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, SE., B.Econ., MM. (LL/Kominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *