PERINGATI HPSN 2023, LINTAS KOMUNITAS BERSAMA KODIM PURBALINGGA BERSIHKAN LINGKUNGAN BANCAR

Lintas komunitas bersama kodim 0702 Purbalingga membersihkan sungai larangan kelurahan Bancar, Minggu 26/2/2023

963RGSFM, PURBALINGGA – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, puluhan komunitas mulai dari pegiat lingkungan hingga relawan bersama jajaran Kodim 07/02, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) purbalingga, membersihkan lingkungan kelurahan bancar, minggu pagi 26/2/2023.

Dandim 0702 Purbalingga, Dipo Sabungan Lumban Gaol mengatakan, selain membersihkan sampah di lingkungan bancar, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayah tersebut mengenai permasalahan sampah.Ia menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah di sungai dan merawat lingkungan demi keberlangsungan di masa yang akan datang.

“kami ingin, kegiatan positif seperti ini akan terus berlanjut sebagai kampanye untuk lebih peduli terhadap permasalahan sampah”. Ungkapnya

Dandim juga berharap kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar kelurahan bancar.

“semoga dengan bersihnya lingkungan di kelurahan bancar dapat turut meningkatkan derajat kesehatan di wilayah ini”. Ujarnya

Kepala DLH Purbalingga, Bambang Triyono juga mengapresiasi seluruh lintas komunitas yang hadir dalam kegiatan tersebut. Ia juga berharap sinergitas lintas komunitas untuk melestarikan lingkungan di Purbalingga dapat berjalan dengan baik.

“terimakasih kami ucapkan untuk seluruh lintas komunitas, terutama kepada MTMA Purbalingga yang telah memprakarsai kegiatan ini. Harapan kami, kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan”. Katanya

Sementara itu Kordinator HPSN 2023 dari MTMA Purbalingga, Rulli mengungkapkan, setiap tahunnya mulai dari tahun 2016, ia menggelar kegiatan untuk memperingati HPSN 2023. Namun untuk tahun ini ada perbedaan, dimana lebih menekankan edukasi kepada warga mengenai permasalahan sampah.

Ia juga mengatakan dipilihnya kelurahan bancar sebagai lokasi peringatan HPSN tahun ini dikarenakan untuk memberikan edukasi khususnya kepada pedagang pasar badog yang nantinya akan menempati tempat yang baru agar ikut menjaga lingkungan.

“ada 34 komunitas yang kami undang untuk kegiatan hari ini, kita memberikan edukasi door to door kepada masyarakat wilayah kelurahan bancar agar bersama sama menjaga lingkungan, terlebih aliran sungai larangan ini”. Katanya.

Ia menambahkan, selain membersihkan sungai dan lingkungan bancar, pihaknya juga menyosialisasikan penggunaan cairan Eco Enzyme untuk dituangkan di sungai dan penyemprotan cairan tersebut di tempat pembuangan sampah.”

180 liter eco enzyme kita siapkan bekerjasama dengan klentheng hok tek bio selaku penggiat eco enzyme untuk dituangkan di sungai larangan”. Pungkasnya. (Zak/RGSFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.