Tahun 2017 Purbalingga Surplus Beras

963RGSFM, Purbalingga ­–Kabupaten Purbalingga pada tahun 2017 mengalami surplus beras yang cukup melimpah mencapai 53.381 ton beras. Dengan luas panen mencapai 42.119 Ha beras yang diproduksi mencapai 234.681 Ton Gabah Kering Giling (GKG).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga Hafidah Khusniati SP kepada LPPL Radio Gema Soedirman, Selasa (9/1/2018). Hafidah mengatakan produktifitas panen di tahun 2017 mengalami peningkatan dibanding dengan tahun sebelumnya, walaupun luas lahan panen berkurang.

Berkurangnya luas lahan panen menurut Hafidah disebabkan karena adanya serangan Hama Wereng Batang Coklat yang terjadi pada pertengahan tahun kemarin. Serangan hama wereng sendiri terjadi secara menyeluruh di Kabupaten Purbalingga pada tahun 2017.

Hafidah menghimbau kepada para kelompok tani agar mengikuti program pemerintah, salah satunya adalah program asuransi usaha tani. Pihaknya juga berharap para petani dapat mengikuti perkembangan teknologi, selain itu para petani juga dituntut untuk memaksimalkan bantuan alat alat pertanian yang sudah diberikan. (zak/wir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.