TPA Banjaran Overload Sampah, Pemkab Siapkan Lokasi Pengganti

963rgsfm, Purbalingga – Bupati Purbalingga H Tasdi, SH, MM mengakui, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Banjaran, Kecamatan Bojongsari, sudah over load. Pemkab saat ini tengah mencari lahan baru yang memenuhi persyaratan teknis untuk tempat pembuangan sampah dan sekaligus pengelolaannya. Lahan yang telah disiapkan di Desa Bedagas, Kecamatan Pengadegan seluas 5 hektar.

Bupati menjelaskan pada tahun 2014 pihaknya sudah merekomendasikan TPA Banjaran untuk dipindah, akan tetapi hal tersebut terkendala lokasi, karena semakin bertambahnya penduduk. Bupati mengaku hasil kajian dari konsultan tidak selamanya bisa digunakan. Seperti halnya ketika konsultan merekomendasikan calon lokasi TPA baru di Dukuh Mlayang, Desa Sidanegara, Kecamatan kaligondang. Meski secara teknis, direkomendasikan, namun ternyata tidak jauh dari lokasi itu ada sekolah dasar.

Menurut Bupati, TPA sampah Banjaran mulai dioperasikan pada tahun 1993. Saat itu, di sekitar lokasi itu masih sepi penduduk. Penanganan sampah tidak menjadi masalah, karena tidak ada yang terdampak. Namun, seiring dengan bertambahnya penduduk, wilayah sekitar TPA Banjaran semakin padat.

Bupati mengatakan, pengelolaan sampah merupakan permasalahan penting yang selama ini belum mampu ditangani secara optimal. Saat ini pelayanan persampahan baru mencapai 10 persen dari jumlah penduduk Purbalingga..

Bupati menambahkan, Pemkab sebelumnya telah mencari lahan baru pengganti, seperti di Dukuh Mlayang Desa Sidanegara, Desa Arenan, Keduanya di Kecamatan Kaligondang, kemudian di Desa Sumilir, Kecamatan Kemangkon. Namun, calon lokasi itu ada kendala penolakan dari warga, dan sementara lokasi yang tidak ditolak tidak memenuhi persyaratan teknis.(zak/Fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.