Pencanangan Penebaran Benih Ikan Bakal Digelar di Bokol.

963rgsfm, Purbalingga – Dalam Rangka menjaga ketersediaan tangkapan ikan di perairan umum (sungai) di Purbalingga, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah akan melaksanakan kegiatan Penebaran Benih Ikan di Perairan Umum/Sungai (Restocking) yang dipusatkan di desa Bokol Kecamatan Kemangkon pada 27 Maret 2018.

Dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah akan melakukan penebaran jenis ikan seperti; nila, mujair, nilem, karper dan tawes sebanyak 562.150 ekor dengan perincian; sungai Klawing Bokol 100.000 ekor, sungai Klawing Kedungbenda 150.000 ekor, embung Pelumutan 80.000 ekor, bendung Slinga 200.000 ekor dan sungai Tlahab di Mrebet 32.150 ekor.

Penebaran benih ikan ini sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah yang pada tahun ini mengalokasikan penebaran benih ikan di sungai sebanyak 255.000 ekor.

Menurut Kepala DKPP Kabupaten Purbalingga Ir Sediono, Permintaan penebaran benih ikan di sungai oleh masyarakat sangatlah tinggi, selain sebagai upaya pelestarian sumberdaya perairan umum, juga tidak sedikit warga Purbalingga yang sebagaian pendapatannya ditopang dari menangkap ikan.

Sebagai kegiatan pendukung, nantinya DKPP Kabupaten Purbalingga akan memberikan bantuan untuk kolam percontohan budidaya kepada 9 kelompok pembudidaya. (zak/Fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.