106 Petani di Kelurahan Bojong Terima Kartu Tani

963rgsfm, Purbalingga – Sebanyak 106 orang Petani di Kelurahan Bojong menerima Kartu Tani yang dibagikan oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian Kecamatan Purbalingga pada Jumat 20 April 2018 di Aula Kelurahan Bojong kecamatan Purbalingga. Menurut Kasi pemerintahan dan Trantibum Kelurahan Bojong, Urip Tridadi, dengan memperoleh kartu tani tersebut, para petani dapat membeli pupuk dengan harga miring.

Urip berharap dengan adanya kartu tani, para petani akan semakin sejahtera dan dapat memudahkan mereka dalam penggarapan sawah.

Penyuluh Pertanian Kecamatan Purbalingga, Rahayu Bagus Supartono kepada reporter LPPL Radio Gema Soedirman menjelaskan, pembagian tersebut diperuntukan bagi petani yang telah mendaftar pembuatan kartu tani dengan mengumpulkan fotokopi KTP, fotokopi KK dan Fotokopi SPPT.

Bagus menerangkan, manfaat dari Kartu Tani adalah para petani mendapat jatah pengambilan pupuk dengan harga lebih murah. Adapun jatah pengambilan pupuk berdasarkan rekomendasi adalah sebesar 250kg Urea dan 200 Kg NPK per 1 Ha Lahan.

Bagus menambahkan, untuk penggarap lahan lelang tanah, kartu tani tersebut diatasnamakan kepada 1 orang yaitu ketua RT setempat. Pihaknya juga menerangkan, petani harus menabung uang terlebih dahulu untuk menggunakan kartu tani tersebut.

Sementara itu menurut salah satu penerima kartu tani, suradi mengatakan, pihaknya saat ini terkendala dengan pengambilan pupuk tersebut, menurutnya pengambilan pupuk dinilai terlalu jauh, yaitu di daerah jatisaba namun untuk saat ini pihaknya akan mencoba untuk berkordinasi dengan Kelompok Tani di Kelurahan Bojong agar pengambilan pupuk dapat dilakukan di wilayah bojong. (zak/Fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.