Selain Sesuai Syariat Islam, Pemotongan Hingga Penyaluran Hewan Qurban Tidak Boleh Menimbulkan Kerumunan

963rgsfm, Purbalingga – Untuk menghindari kerumunan, warga Purbalingga diimbau tidak mendatangi lokasi penyembelihan hewan kurban saat Idul adha. Selain itu, panitia penyembelihan hewan kurban juga diminta untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Purbalingga, Mukodam, dimasa pandemic covid – 19 ini, kerumunan orang dan petugas penyembelih sangat dikurangi dan dibatasi. Masyakarat juga diimbau tidak mendatangi tempat penyembelihan hewan qurban.

Mukodam menerangkan, prosedur penyembelihan hewan kurban yang dilakukan tahun ini tetap sama dengan tahun sebelumnya. Hanya saja harus menerapkan protokol kesehatan sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19.

Mukodam menceritakan, baik warga, pemilik hewan, panitia, maupun mustahik dari tahun ke tahun biasanya berkumpul saat pemotongan hewan kurban berlangsung karena pemotongan hewan kurban dianggap sebagai tontonan, terutama warga dan anak-anak. 

Akan tetapi, Mukodam mengimbau di tengah pandemi covid-19, warga harus menghindari kerumunan agar tidak ada risiko penularan, selain mengikuti syariat Islam, pemotongan hewan kurban tahun ini wajib dilakukan dengan protokol kesehatan. (Fit-Ind)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *