Kakak Beradik Suka Berantem? Lakukan Cara Bijak ini

Bertengkar antara kakak beradik memang sudah menjadi hal yang wajar. Entah apa masalahnya, pertengkaran anak dengan saudaranya selalu terjadi. Bahkan bagi beberapa keluarga, hal ini bisa terjadi setiap hari mulai dari pertengkaran kecil hingga pertengkaran besar.

Orang tua pun kerap pusing menghadapi dua anak kesayangannya bertengkar. Apalagi jika keduanya sama-sama tidak mau mengalah. Biasanya, si kakak akan dipaksa untuk mengalah, padahal cara itu kurang benar.

Untuk kawan setia harus memiliki cara yang bijak untuk mendamaikan anak-anak. Buat kawan setia mari coba beberapa cara berikut ini :

  • Jangan Memarahi Anak

Biasanya, respon pertaman jika melihat anaknya bertenngkar adalah langsung marah-marah. Cara tersebut harus dihindari ya kawan setia. Memarahi anak justru akan membuat masalah semakin rumit. Kamu harus sabar dan mencari jalan keluar yang terbaik untuk membuat mereka berdamai kembali.

  • Beri kesempatan anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri

Pertengkaran kakak-adik adik adalah hal yang umum. Sumber masalahnya pun biasanya hanyalah hal-hal sepele di antara mereka. Mereka sebenarnya sedang mencari perhatian dari orang tuanya. Tugas kamu adalah memberikan kesempatan pada amk-anak untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Ajak anak-anak untuk berbicara dan menjelaskan apa masalahnya. Bimbing mereka untuk mencari jalan keluar atas masalah tersebut.

  • Beri saran dan nasihat pada anak

Tidak seharusnya kakak-adik terus menerus bertengkar. Setelah berhasil membimbing anak-anak mencari solusi sendiri atas masalah yang sedang mereka hadapi, jangan lupa untuk memberikan saran dan nasihat. Selayaknya sebuah keluarga, mereka harus saling menyayangi.

Tunjukan bahwa kawan setia sangat menyayangi mereka. Yuk tulis pendapat kawan setia di kolom komentar. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

(sumber : ig @kiddo.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.