Tercepat Lunasi PBB, Dua Desa Dihadiahi Motor

PURBALINGGA, INFO- Karena berhasil melunasi PBB untuk dua kategori berbeda, dua Pemdes (Pemerintah Desa) yaitu Limbasari Kecamatan Bobotsari dan Karangjambe Kecamatan Padamara dihadiahi sepeda motor oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga. Pemberian hadiah motor tersebut dilakukan dirangkaikan dengan acara penyerahan dokumen pelaksanaan anggaran SKPD tahun anggaran 2022, pemberian penghargaan penyusunan LK SKPD 2020 dan penyerahan sertifikat tanah milik Pemkab Purbalingga, Senin (10/1/2022) di Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo Purbalingga.

 Dalam laporannya, Sekda Purbalingga Herni Sulasti mengatakan, Desa Limbasari Kecamatan Bobotsari mendapat hadiah sepeda motor karena tercepat menyetorkan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) 2021 kategori Rp 75 juta. Sedangkan untuk Pemdes Karangjambe Kecamatan Padamara kategori tercepat menyetorkan PBB Rp 90 juta.

“Dua Desa yaitu Limbasari Kecamatan Bobotsari mendapat penghargaan berupa motor karena tercepat menyetorkan PBB kategori Rp 75 juga. Sedangkan Desa Karangjambe untuk kategori Rp 90 juta,” katanya.

Tercepat kedua kategori Rp 75 juta adalah Desa Pandansari Kecamatan Kejobong, tercepat ketiga adalah Desa Brecek Kecamatan Kaligondang. Sedangkan tercepat kedua kategori Rp 90 juta adalah Desa Jatisaba Kecamatan Purbalingga dan tercepat ketiga adalah Desa Tegalpingen Kecamatan Pengadegan.

Kepala Desa Limbasari, Halimah yang ditemui seusai acara menyatakan keberhasilan penyetoran tepat waktu PBB di Desanya karena andil dari semua pihak termasuk perangkat Desa dan terutama kesadaran warga Desa Limbasari. Sosialisasi yang dilakukan Pemdes diikuti dengan kesadaran warga Desa yang menganggap membayar pajak adalah kewajiban setiap warga negara untuk kemaslahatan bersama.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada ibu Bupati yang telah memberikan penghargaan kepada kami berupa sepeda motor untuk menambah armada operasional Pemdes Limbasari,” ujarnya.

Ucapan terima kasih juga datang dari Sunardi, Kades Karangjambe Kecamatan padamara. Apresiasi dari Pemkab Purbalingga menjadi tanda bahwa kerja keras Pemdes diperhatikan dan menjadi motivasi bagi Pemdes untuk bekerja lebih keras mewujudkan pembangunan yang lebih komprehensif.

“Kami dari Pemdes Karangjambe menyampaikan terima kasih kepada ibu Bupati yang telah memberikan apresiasi berupa sepeda motor dan ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk berbuat lebih baik,” kata Sunardi.

Laporan Keuangan

Selain apresiasi untuk kecepatan penyetoran PBB, pemkab Purbalingga juga memberikan apresiasi untuk beberapa kategori di antaranya adalah Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinrumkim) yang mendapat penghargaan laporan keuangan terbaik tahun 2020 untuk kelompok Dinas Badan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah), Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mendapat penghargaan laporan keuangan tercepat tahun 2020 untuk kelompok Dinas Badan BLUD.

Dalam acara tersebut, Kecamatan Kejobong menyabet penghargaan beberapa kategori baik untuk Pemerintah Kecamatan maupun Desa di wilayah Kecamatan Kejobong. Yang pertama adalah penghargaan laporan keuangan terbaik 2020 untuk kelompok Kecamatan, Kelurahan dan Sekolah. Yang kedua adalah kategori pelunasan PBB tercepat kategori Kecamatan tahun 2021. Tercepat kedua pelunasan PBB 2021 diraih oleh Kecamatan Karangjambu.

Bagian Humas Setda juga tidak luput dari penghargaan yaitu untuk kategori pelaporan keuangan tercepat tahun 2020 untuk kategori Bagian, Kecamatan, Kelurahan dan Sekolah.

Jiah Palupi Twihantarti, Kepala Dinkominfo Purbalingga yang dimintai keterangannya seusai acara menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Dinkominfo Purbalingga yang telah bekerja keras sehingga berhasil mendapat satu kategori penghargaan. Penghargaan tersebut akan menjadi motivasi pihaknya untuk menampilkan performa yang lebih baik di tahun-tahun mendatang.

“Ini adalah hasil dari kerja keras seluruh jajaran Dinkominfo Purbalingga. Semoga ini bisa menjadi semangat kami untuk bekerja lebih lagi di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya. (LL/Kominfo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.