Walaupun Gerimis, Bebersih Lingkungan Tetap Dilakukan

PURBALINGGA INFO, Walaupun kondisi cuaca kurang mendukung (gerimis), bebersih  lingkungan tetap dilakukan oleh semua dinas, instansi, kecamatan dan desa se Kabupaten Purbalingga. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian pemerintah agar masyarakat peduli dalam pengelolaan sampah yang dihasilkan terutama sampah rumah tangga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Priyo Satmoko mengatakan hari Jum’at ini bertepatan tanggal 18 Februari kita memperingati hari peduli sampah nasional. Yang mana semua OPD, masyarakat, swasta dan steakholder di Kabupaten Purbalingga untuk menggugah kesadaran terhadap sampah yang semakin hari semakin bertambah.

“ Dengan adanya kepedulian terhadap sampah, maka diharapkan kondisi lingkungan bisa terbebas dari sampah, yang nantinya akan berimbas pada lingkungan yang bersih dan sehat,” katanya saat melakukan pemantauan gerakan Jum’at betrsih di wilayah Kecamatan Kalimanah, Jum’at (18/2/2022).

Priyo Satmoko mengatakan kesadaran masyarakat sekarang belum semuanya peduli terhadap sampah, mereka kadang membuang sampah ditempat-tempat sepi bukan di tempat pembuangan sementara (TPS), sehingga luput dari pantaun yang berakibat tempat itu menjadi kumuh dan bau. Kesadaran ini yang akan digalakan agar masyarakat mempunyai tangungjawab terhadap pengelolan sampahnya.

“ Kami menyadari, DLH masih mempunyai keterbatasan dalam pengelolaan sampah dikarenakan keterbatasan alat. Sehingga jika masyarakat ikut melakukan pengelolaan sampah, yakni degan melakukan pemilahan sampah maka kami akan sangat terbantu,” ujarnya.Dilihat dari pantaun selain kerja bakti, DLH Purbalingga juga melakukan pembersihan dan pemotongan dahan-dahan pohon sepanjang jalan hutan kota belakang Pasar Segamas, Kalimanah. (dy) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.