CATAT TANGGALNYA!!! BOWO LEKSONO DIREKTUR CLC BAKAL GELAR PAMERAN LUKISAN TUNGGAL

Direktur CLC Bowo Leksono bakal menggelar pameran lukisan tunggal perdananya dengan tajuk “Gugat!”.

963RGSFM, PURBALINGGA – Sineas sekaligus pelukis asal Purbalingga Bowo Leksono bakal menggelar pameran lukisan tunggal perdananya dengan tajuk “Gugat!”. Pameran tersebut akan digelar pada Jumat-Minggu, 10-12 Maret 2023 di aula kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Purbalingga, Jalan Komisaris Notosumarsono No. 83 A Purbalingga. Pembukaan pameran akan digelar pada Jumat, 10 Maret 2023 pukul 20.00 WIB.

Kepada LPPL Gema Soedirman Bowo Leksono mengungkapkan Pameran tunggal ini mengusung 15 karya lukis hasil pengembangan karya fotografi, sketsa, video proses melukis, dan tulisan berupa deskripsi obyek masalah di Purbalingga. Adapun obyek-obyek ini berupa fenomena sosial kemasyarakatan, lingkungan, pelayanan umum, dan proyek-proyek bangunan mangkrak pasca Orde Baru.

Menurut bowo obyek tersebut bila dibuat film akan membutuhkan waktu yang relatif lama dan biaya yang tidak sedikit. Sementara, warga Purbalingga setiap hari dengan telepon pintarnya menyuarakan kondisi tersebut di media sosial dan kerap tak ada tanggapan dari stakeholder.

“ke-15 judul lukisan yang akan dipamerkan yaitu, ”Terkepung”, ”Sawah Vs Pabrik”, ”Tak Sempadan”, ”Galian Gali”, ”Dilarang Bermain di Pendapa”, ”Buruh tak Sejahtera”, ”Greyal Greyol”, ”Peteng Ndedet”, ”Krak!”, ”Embung Wurung”, ”Jembat!”, ”Sampah Tetap Sampah!”, ”Sepi Nyenyet”, ”Putus Nyambung Kontrak”, dan ”Parkir di Jalan Jenderal Soedirman”,” ungkap bowo.

Bagi Bowo, melahirkan karya-karya seni tidak semata untuk seni. Menurutnya, berkesenian itu untuk warga.

”Seni bagi saya turut menyuarakan kepentingan warga. Bukan sekedar kepuasan diri. Pada karya-karya film saya pun seperti itu, keberpihakan pada yang lemah,” ujar Direktur CLC Purbalingga.

Bowo menambahkan, Karya lukisan yang dipamerkan merupakan karya yang ia hasilkan dalam kurun waktu dua tahun, dari 2021 hingga 2022. Ia mengakui tidak punya banyak waktu luang untuk melukis disela kesibukan di dunia komunitas perfilman di Banyumas Raya.

Pameran tunggal ini rencana dikelilingkan ke beberapa aula kantor partai politik di Kabupaten Purbalingga sebagai salah satu pilihan pendidikan politik lewat seni. Pameran ini diselenggarakan oleh Galeri Sudihardjo Bukateja, didukung oleh Peluk & Kiss, DPD Partai Golkar Kabupaten Purbalingga, dan CLC Purbalingga. (Zak/RGSFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.