POPDA 2023 DIHARAPKAN CETAK ATLET MUDA BERBAKAT

Gelaran Popda 2023 Cabor Pencak Silat di Gor Indoor Sasana Krida Perwira. – foto (Zakian Maulana)

963RGSFM, PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, dalam hal ini Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tahun 2023 selama sepekan, mulai dari 6 hingga 12 maret 2023. Kepala Dinporapar Purbalingga, Prayitno mengatakan, ada 14 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Menurutnya Popda kali ini berupaya untuk bisa menjaring atlet-atlet muda berbakat yang nantinya akan ditandingkan di kejuaraan tingkat eks Karesidenan Banyumas dan tingkat Provinsi Jawa Tengah. Namun dalam pantauannya tadi pagi, untuk cabor atletik masih kurang jika dibandingkan di tingkat provinsi.

“Ada 14 cabor yang kita pertandingkan, 9 diantaranya berjenjang, dimana setelah ini akan di pertandingkan ke tingkat karesidenan banyumas, sedangkan untuk atletik dan sisanya, akan langsung dipertandingkan ke tingkat provinsi,” katanya.

Prayitno juga mengatakan Jumlah peserta terbanyak adalah cabang olahraga atletik yang diikuti oleh sejumlah 400 peserta. Kemudian ia menandaskan bahwa target Kabupaten Purbalingga di tahun ini minimal sanggup memperoleh peringkat 20 besar di Popda tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“di Popda tingkat provinsi tahun ini, kami memang targetkan adanya kenaikan peringkat yang tadinya ada di peringkat 23 di tahun lalu, untuk tahun ini ditargetkan masuk ke 20 besar,” ujarnya.

Prayitno menambahkan, ada 3 cabor yang ia targetkan bisa mendongkrak posisi Purbalingga pada gelaran Popda Tingkat Provinsi mendatang. ke 3 cabor tersebut adalah Renang, Karate dan Pencak Silat.

“ada 3 cabor yang diharapkan dapat mendulang emas, yakni renang, karate dan pencak silat. Tahun kemarin kita hanya mendapatkan 1 medali emas di cabang karate, di tahun ini mudah mudahn ke tiga cabor unggulan bisa meraih emas,” katanya.

Ia juga berharap para atlet yang terjaring, nantinya dapat mengharumkan nama Kabupaten Purbalingga dengan cara mengukir prestasi di bidang olahraga.

“harapannya atlet kita bisa mendulang prestasi di tingkat popda jawa tengah sehingga mengharumkan nama Purbalingga,” pungkasnya. (Zak/RGSFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.