Tips Berwisata di Musim Hujan

Di awal tahun 2024 ini sudah memasuki musim hujan, hal ini menjadi kendala ketika kita ingin berwisata. Namun, kamu tetap bisa traveling tanpa perlu khawatir dengan curah hujan yang mungkin datang dan menganggu kenyamanan kamu saat traveling di alam terbuka. Coba lakukan beberapa hal ini jika kamu berlibur untuk mengatasi hujan yang bisa saja datang tiba-tiba, berikut tips untuk berwisata saat musim hujan :

  1. Cek Perkiraan Cuaca

Di zaman yang sudah canggih ini, informasi dapat dicari dengan mudah menggunakan internet atau gadget. Ketika kamu hendak berwisata jangan lupa untuk mengecek ramalan cuaca oleh BMKG.

  • Pilih Wisata Indoor

Ketika musim hujan seperti ini kamu bisa memilih berwisata ke tempat indoor. Wisata indoor tak kalah seru dan menarik untuk dikunjungi. Di zaman sekarang banyak wisata indoor yang memberikan wahana, tempat bermain anak-anak dan juga tempat edukasi yang cocok untuk dikunjungi tanpa khawatir basah dan kehujanan.

  • Sedia Payung dan Mantel

Buat kamu yang menyukai alam terbuka, payung dan mantel menjadi hal yang urgent untuk dipersiapkan. Wisata alam terbuka tentu sulit untuk menghindar dari hujan, maka mantel dan payung dapat membantu kita menghindari air hujan. Jika kamu lupa membawa mantel, biasanya warung-warung terdekat menyediakan mantel sekali pakai untuk para wisatawan. Kamu dapat membeli lebih praktis di lokasi wisata yang kamu kunjungi. Kamu juga bisa membuat video dan konten-konten lucu bersama temanmu menggunakan mantel ala ala selebgram di tiktok.

  • Sedia Pakaian Ganti

Memakai pakaian basah dapat membuat rasa tidak nyaman dan kedinginan yang dapat menyebabkan  masalah kesehatan. Ketika berwisata, kamu jangan lupa untuk membawa baju pengganti agar tidak kedinginan dan jatuh sakit.

  • Gunakan Kendaraan Mobil atau Kereta Api

Untuk menghindari hujan, kita dapat menggunakan mobil atau kereta api sebagai kendaraan untuk menuju lokasi wisata. Mengantisipasi hujan datang saat berada di perjalanan, kamu tetap bisa terlindungi dari air hujan karena berada di dalam mobil.  Dan kamu, tetap bisa melanjutkan perjalanan tanpa perlu mencari tempat berteduh. Tapi ingat ya, pastikan kamu tetap hati hati dalam berkendara saat hujan turun.

            Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat berwisata pada saat musim hujan. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat tetap menikmati liburan Anda meskipun di musim hujan. Ingatlah bahwa petualangan sejati seringkali melibatkan tantangan, dan musim hujan hanya menjadi bagian dari cerita perjalanan Anda. Selamat berwisata dan nikmati setiap momen serunya!

Penulis : TIM PPL UIN SAIZU PURWOKERTO 2024

– Shinta Ika Wulandari

– Khoirun Nisa

– Shintia Dwi Nanda P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.