Mengintip Persiapan Jelang Perayaan Imlek 2024 di Klenteng Hok Tek Bio Purbalingga

PURBALINGGA- Umat Klenteng Hok Tek Bio Purbalingga menggelar tradisi mencuci rupang (patung dewa) menjelang perayaan tahun baru Imlek yang di bantu oleh lintas komunitas Purbalingga. Minggu(4/2/2024)

Lim Ngan Min (Amin) selaku Ketua Klenteng mengatakan rangkaian acara seminggu menjelang Imlek ia melakukan sembahyang dan membersihkan archa-archa, kedung, altar hingga penggantian lampion.

“Kemarin sudah dilakukan bersih-bersih klenteng mulai dari penurunan archa, pembersihan altar hingga patung para dewa. Biasanya seminggu sebelum Imlek itu kita melakukan bersih-bersih klenteng yang di bantu oleh para lintas komunitas.” Ungkap Amin, Selasa(6/2/2024)

Ia menjelaskan Tata cara pembersihannya di mulai dengan sembahyang mengucap terima kasih kepada Dewa dan mohon izin untuk bersih-bersih dan besok paginya di turunkan untuk di bersihkan dengan air yang diisi bunga.

Di tahun menjelang pemilu ini Klenteng Hok Tek Bio Purbalingga merayakan Tahun Baru Imlek secara sederhana hanya melakukan sembahyang di malam pergantian tahun pada tanggal 9 februari 2024 nanti.

Tradisi unik yang dilakukan di Klenteng Hok Tek Bio Purbalingga puncaknya Cap Go Meh pada 15 hari setelah perayaan Imlek dengan mengundang komunitas lintas agama dan lintas komunitas untuk menikmati lontong Cap Go Meh yang berisi opor ayam, sayur bung dan bubuk kedelai namun belum dilaksanakan untuk menghargai pemilu tahun 2024.

“Harapannya di Tahun baru Imlek ini, agar tahun yang akan datang bisa lebih baik dari tahun ini. Apalagi tahun ini masuk ke tahun pemilu semoga semuanya berjalan lancar dan tidak ada huru hara supaya masyarakat bisa hidup dengan tenang dan damai”. Pungkasnya. (jum/zak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.