Pendataan Tradisi Di Kabupaten Purbalingga Telah Selesai Dilaksanakan

963rgsfm, Purbalingga – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga telah selesai melakukan pendataan tradisi dan budaya di wilayah Kabupaten Purbalingga. Iniventarisasi tersebut bertujuan untuk menjadi panduan dalam melestarikan nilai-nilai tradisi khususnya yang berada di Kabupaten Purbalingga.

Kasi Cagar Budaya Dindikbud Kabupaten Purbalingga Rien Anggraeni Kepada Reporter LPPL Radio Gema Soedirman mengatakaan, saat ini proses pendataan telah selesai dilaksanakan dan sudah dikirim ke provinsi.

Rien menambahkan dalam pendataan tradisi tersebut juga terdapat pendataan kesenian. Pihaknya menjelaskan saat ini di Kabupaten Purbalingga terdapat beberapa kesenian yang hampir punah, antara lain lesung , aplang serta dames. Menurutnya hal tersebut terjadi karena generasi saat ini tidak meneruskan kesenian tersebut, rien juga menjelaskan pengaruh globalisasi juga berdampak pada punahnya kesenian tradisional.

Rien menjelaskan pihaknya telah melakukan revitalisasi terhadap kesenian yang hampir punah tersebut namun, proses revitalisasi masih mentok di sanggar sanggar kesenian. Rien berharap kedepannya generasi muda bisa melestarikan kebudayaan khas daerahnya sendiri. (zak/Fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.