PERINGATI HARI DISABILITAS INTERNASIONAL, PULUHAN ANAK DISABILITAS IKUTI LOMBA

Anak berkebutuhan khusus mengikuti serangkaian lomba dalam rangka hari disabilitas Internasional di Sekolah Purba Adhi Suta Purbalingga, Jum’at (1/12/2023). Foto : Zaki Maulana

963RGSFM, PURBALINGGA – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023, Puluhan Anak Berkebuutuhan khusus, dari SLB Negeri Purbalingga dan Sekolah Purba Adhi Suta Purbalingga mengikuti serangkaian kegiatan lomba, seperti Fashion Show, Menyanyi dan Melukis. Kegiatan dipusatkan di Sekolah Purba Adhi Suta Purbalingga, Jum’at (1/12/2023).

Kordinator kegiatan lomba, Retno Indrawati menjelaskan total peserta lomba sebanyak 56 siswa/ siswi disabilitas se-Kabupaten Purbalingga dengan 5 kategori pemenang.

Kelima kategori tersebut adalah fashion show untuk tuna rungu dan tuna grahita/ autis, menyanyi untuk tuna netra, serta melukis untuk tuna grahita dan autis.Menurutnya kegiatan tersebut memberikan wadah bagi anak berkebutuhan khusus untuk mengembangkan minat dan bakat mereka.

“Puncaknya tanggal 4 Desember 2023 di Pendopo Dipokusumo aka nada pentas seni dari mereka juga. Semoga anak-anak semakin percaya diri dan percaya bahwa mereka juga sama seperti anak-anak normal lainnya,” ujuarnya.

Retno menambahkan pihaknya juga telah menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil) Purbalingga dimana anak didiknya bisa mendapatkan fasilitas khusus dalam layanan pembuatan Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan sebagainya. Selain itu, 50 anak didiknya juga mendapat layanan gratis di RSUD.

“Dengan Satlantas Purbalingga juga mendapat pelayanan khusus untuk pembuatan SIM D dan SIM D1, dengan KAI juga mereka akan mendapat fasilitas diskon tiket kereta ekonomi dan bisnis sebesar 20 persen seumur hidup”. Pungkasnya. (Zak/RGSFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.